Monday, February 11, 2013

Jadi Guru SD Sehari

Anis Baswedan (Univ Paramadina) telah sukses membuat program "Indonesia Mengajar" dgn mengirim muda-mudi sarjana ke seluruh pelosok tanah air unt menjadi guru kontrak setahun or dua tahun. Anis bikin program lagi, "Kelas Inspirasi" dgn mengajak para profesional berbagai bidang unt menjadi "Guru SD Sehari" relawan di Kelas Inspirasi. Kaum profesional diminta memberikan pengalaman dan perjuangan hidupnya mencapai profesinya, sedikit materi tentang jenis pekerjaannya, apa sumbangannya bagi bangsa dan kemanusiaan. Diharapkan penampilan sehari para profesional bisa membuka wawasan murid2 SD itu, membangkitkan semangat, inspirasi dan motivasi anak2 SD itu.

Pendaftaran secara online ke website Kelas Inspirasi. Saya mndaftar bersama sahabat2 saya eks SMA Teladan Jogya Angkt 70, Prof Dr Edy Martono (Pertanian UGM) dan Prof Dr Suryawati (Farmakologi klinik UGM). Kami bertiga diterima, dan mengikuti briefing persiapan 10 Feb, dan mengajarnya 20 Feb 2013.
Minggu pagi kemarin kami bertiga mengikuti briefing di Pendopo Seno Aji, ringroad selatan Jogya. Dari 372 pendaftar, diterima 80 org pengajar, dan 35 fotografer/videografer.

Selain kami bertiga, diterima pula mantan walikota Jogya, Herry Zudianto. Saya dapat SD Sandakan 1, Jln Wonosari keutara, Prof Edmart dapat SD di Kab Sleman, sdang Yang Ti dapat SD di pelosok Pakem Kaliurang. Brifing membahas metode mengajar, perlengkapan teknis, dn apa yg akan diajarkan. Untuk Kelas Inspirasi tahun kedua ini, dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Pakanbaru dan Jogyakarta.


Inu Wicaksana/Alumni TldJOG70

No comments:

Post a Comment