Friday, March 22, 2013

SOAL ASAM URAT

Asam urat atau uric acid diproduksi oleh tubuh sebagai bagian dari metabolisme gugus protein bernama purin. Kalau metabolismenya normal, kadar asam urat dalam darah di bawah 7 (wanita 6). Ia akan meninggi kalau produksi meningkat, atau memang bakat metabolismenya terganggu.

Pada mereka yang berbakat urat, menu harian mengandung purin tinggi (udang, ginjal, hati, otak,kerang, jantung, sardin, kaldu, ikan hering, angsa, jerohan) harus dipantang ketat. Juga menu purin sedang (ikan laut lain, jamur, asparagus, bayam, kembang kol, buncis, kacang-kacangan, melinjo, sayuran hijau, serta unggas) perlu dibatasi, dan jangan berlebih menu dengan purin rendah (susu, keju, telur, tempe, oncom). Makan sepotong ati-ampela saja bagi yang berbakat urat sudah bikin kumat. Tidak demikian kalau tidak berbakat.

Bahaya asam urat tinggi sebab di persendian berubah menjadi kristal urat. Jarum lembut yang menusuk menimbulkan radang sendi, sehingga merah, bengkak, dan nyeri. Seringnya di sendi jempol kaki.

Lebih bahaya lagi karena kristal urat tersangkut di ginjal membentuk batu ginjal urat. Karena bersifat kristal, maka serangan batu urat nyeri hebat di pinggang, dan kencing berdarah. Gangguan batu ginjal tensi darah bisa meninggi juga, selain demam, dan nyeri di pinggang.

Pantangan lain bagi yang mengidap urat tinggi, stop minum alkohol, bila kencing manis jangan dibiarkan tinggi sehingga berakibat benda keton (keton bodies) tinggi, dan batasi menu berlemak tinggi. Perbanyak konsumsi karbohidrat selain banyak minum air putih. Waspadai pada masa berpuasa, serangan asam urat acap muncul. Asam urat tinggi yang lama juga berpengaruh pada organ lain.
 Sumber: http://www.facebook.com/handrawan.nadesul

No comments:

Post a Comment