Wednesday, September 5, 2012

Halal Bi Halal 1433 H Kemantren Jakarta


Suyono TldJOG70:  I/2 - PP2
 Minggu jam 9.00 saya ditilpun mas Achmad (Ikang) Fauzi (PP-2) yg sebelumnya sudah terima sms dariku tentang informasi syawalan TLD70.  “Yon berangkat enggak ?”; tanyanya.  “Yo..berangkat wong nggak ada acara lain yg lebih penting, aku berangkat jam 10-an” : jawabku.   “Aku enaknya bagaimana ya..soalnya belum pernah, dan sudah pada lupa sama teman-teman dulu” : tanyanya lagi rodo mbingungi.   “Hla monggo saja, kalau mau datang saya jemput atau sampeyan yg ke rumahku ? aku manut “ : jawabku.   Akhirnya AF jam 10.30 sudah tiba di rumahku, malah pakai kesasar pula, wong sudah pernah kok lali ya.  Berangkatlah kami berdua ewes-ewes dg route Jl Casablanca (Kol Sugiono) – Kuningan- W Monginsidi.  Jam 11.30 nyampailah ke RM  Warungdaun dan segera masuk ke dalam, …waow..surprise, ternyata sudah lebih dari 20 orang berada di sana (waktu sebelum puasa kurang dari 10 orang). Segera kusalami 1 per 1, bagiku sudah banyak yg kukenal baik melalui FB, milis maupun pernah ketemu langsung sewaktu di Yogya & Jkt.

Terlihat obrolan pertemuan berlangsung gayeng yg kemudian dibuka oleh Lurah Kemantren Jkt  Dr. ML.  Sebetulnya nggak dibuka juga sudah berlangsung gayeng. Yo wis ben...ethok-ethoknya dibuka saja.  Mbuh Lurahe ngendiko opo , aku yo ra pati krungu ….ketutup suara gumbrenggeng konco-konco,  pokoke yen ono sing nguyu melu ngguyu...apalagi susunan  mejane  ndlujur dawa..antara ujung satu dg lainnya adoh tenan..saya duduk agak ujung.

Oh ya .. yg datang setelah kuingat2 sekitar 30-an kurang dikit , wis dijangkar (jambal) wae yo :

1.     Aan
2.     Sri Murtini
3.     Nanik SM
4.     Umi Pur
5.     Retno A
6.     Ratna Dewi
7.     Asti
8.     Henny (Ny Didik)
9.     Japong
10.  Teguh W
11.  Edi Ros
12.  Yono
13.  Andi W
14.  Herry Bud
15.  Mukhtar L
16.  Marsito
17.  Pakde Arief
18.  Sudarmanto
19.  Sri Kaloka
20.  Sri Nirbito
21.  Hendra Barata
22.  Didik Is
23.  A  Fauzi
24.  Hary Sur
25.  Sukatno
26.  Prasetyo
27.  Edi Mart
28.  Lupa
29.  Lupa
30.  Sopo maneh..

Sebetulnya saya berniat bikin absen, dan sudah minta kertas sama servant hla kok lama nggak dikasih, ndilalah aku yo lali nagih nganti bubar.
Mas Sri kaloka, Saya tidak membayangkan ketemu mas SK sebab setahuku beliau di Bandung dan selama ini saya juga kurang komunikasi, setelah 40 th nggak ketemu mas SK masih nampak kalem dan langsing.
Mbak Sri Murtini. Lewat FB ngakunya dulu di I-2, sejak itu aku mencoba nginget-inget kok ya nggak match nggak ketemu ya.  Eeh ...ternyata sekarang baru ngaku kalau dulu di I-5.....sengaja ngerjain saya.  Oala..mbak Sri...tego temen sampeyan, awas tunggu balasanku. Piye yo carane mbales.

Mbak Aan. Crito-crito kok njur nyinggung musik. Oh aku jadi ingat,” mbak Aan dulu main accordian ya? ” Jawabannya meng-iyakan, ternyata saya betul, sampai sekarang mbak Aan masih bermusik. Kita tunggu saja nanti kiprahnya di S’baya, katanya juga mau datang. Oh yes..

Mas Hendra Barata. Dulu ketua Osis,  so pasti aku mengenalnya. Salut buat mas HB yg jauh-jauh dari Ciamis (6 jam prjln) merloke rawuh. Bayangkan nyopir sendiri, ngakunya ada yg menemani, yg nyopir mas Hendra yg menemani mas Barata....haha...jas bukak iket blangkon alias sami mawon., matur nuwun mas HB.

Dari kemantren S’baya rawuh mas Herry Bud & mbak Asti, matur nuwun. Tapi ada yg mengartikan sedang “menanam budi”.  Adoh-adoh soko Suroboyo, ben mengkone yen even nang S’boyo genti ditekani.  Ho..ho..beban moral juga ya kalau sampai nggak datang ke S’baya (sorry guyon hlo mas Her/mbak Asti).
Mbak Ratna Dewi datang agak terlambat karena paralel dg acara lain, bahkan acara paralelnya dikorbankan tidak sampai selesai demi nggabung dengan Tld, suwun mbak.

Mas Harry Suryanto, dari postur tubuh dan gayanya saya masih ingat namun agak ragu dengan tidak memakai kacamatanya.  “mas  Harry ya ?” : tanyaku ragu.  Jawabannya membenarkan, seneng sekali  ternyata tebakanku betul.

Mas Didik Iswardhana, aku tidak pangling walaupun beliau mungkin masih meraba-raba. “iki Yono sing endi yo?”. Ma kasih mas Didik atas rawuhnya ke Jkt, sarimbitan dengan ingkeng garwo. Mas DI ini memang hoby touring, katanya kalau nggak nyopir malah pusing.  Yo wis sak kersamu mas !

Sekitar jam 14.00, kira-kira 2/3nya sudah meninggalkan gelanggang pertemuan dengan berbagai keperluan.  Datanglah Sang Komandan Pusat Tld70 dari Yogya mas Prof Ed Mart langsung dari airport dengan backpacknya. Setelah saling bersalaman/berpelukan dikeluarkanlah benda pusaka dari ranselnya berupa bungkusan plastik. Haha...lumayan..mas EdMart mbela-mbelain mampir Kranggan sakperlu nyangking tahu, tempe kara, tempe gembus baceman plus cabe rawit ijo, sampai- sampai hampir ketinggalan pesawat, katanya.   Sedap….minum teh anget nyamikane tempe bacem, anane mung ayem tentrem.

Tentang rencana Suroboyoan Nopember mendatang, aku ditunjuk oleh pak Lurah supaya mengkoordinir keberangaktan dari Jkt biar berombongan. Terima kasih pak ML atas kepercayaannya, namun mohon maaf saya  menolaknya karena saya sendiri merencanakan berangkat ke S’baya dari Yogya naik KA.  -…sinten numpak sepurrr..bayare setali ..monggo sami kondur…-  Kemudian yg ingin berangkat berombongan dikoordinir mas Japong, sorry ya mas Japong, pancen njenengan sing kudu ketiban sampur.

Opo maneh yo......O iyo sewaktu bubaran pulang aku nanya sama mas A Fauzi ; ” mas Fauzi, waktu pertama lihat kawan-kawan siapa yg langsung Anda kenal ?”.  Jawabnya mantap : “Sri Nirbito !”.  O ala ..Zie, hla yen kuwi kan  konco tunggal kringkel...yo pasti to …nunggal geologinya.  Untung sampeyan ora njawab : “Yono”,  sido tak udhunke tengah ndalan tenan sampeyan....weit…. aku sing nunut ding.  Mekaten .
Salam hangat -yon





DJP:

Wah, wah.... ada juga yg piawai dalam menuliskan crito, berarti Inu ada saingannya nih.
Maturnuwun mas Yon, critone nyengsemke dan bisa menambah gambaran suasana saat itu.
Ada ralat sedikit atas nama2 yg hadir :
- Sudjatno (bukan Sukatno, soalnya ada juga teman kita Katno yg tidak hadir disini)
- Muchlisah
- Henny (yg bukan istri Didiek)

Yon:

Mas Japong, rasanya ralat sedikit tapi itu fatal bagiku.  Wah..wah...saya harus minta maaf, 
Kepada mbak Henny, mbak Ny Didik & mas Didiek ysh saya mohon maaf se-besar2nya atas kekeliruan  yg tak sengaja ini. Juga kepada  mas Sudjatno karena salah sebut dan mbak Muchlisah yg lupa tidak kusebut. Harap maklum yo mbak2 & mas2, jujur saja saya ini sebetulnya anggota PDIP (Penurunan Daya Ingat & Pendengaran).
Oh ya mbak Umi kemarin ngomentariku : " seingatku mas Yono ki dulu pendiem".  Kalau itu sampai sekarang saya masih pendiem mbak Umi, belum berubah (dereng ewah...kalau ini beda artinya).  Keluarga besarku di mBantul komennya sama : "suyono ki koyo gamelan, yen ora ditabuh ora bakalan muni !". Hla piye...di rumah kalau lagi ber-2-an dengan mbok wedok, komennya juga idem : "neng omah wong loro kok sepi, podo wae jejeran patung".  Nah ini yg bikin panas ...apa perlu mengerjakan "kerajinan tangan" ....eit jangan teruskan critanya...
Salam Hangat.

EM:

Justru krn Anda pendiem itu, mas Yon, kata2 Anda mengendap lbh mantap dan ketika dikeluarkan secara terrtulis mantapnya muncul dan terasa ... Terus nulis mas Yon, nanti ada dr Inu pun biar bareng2 nulis, krn saya yakin persepsi, tanggapan sampai ke gaya penulisan pasti beda, dan teman2 akan diperkaya oleh reportase Anda berdua ... Ditunggu pandangan mata berikutnya ...

No comments:

Post a Comment