Sunday, March 17, 2013

Jaga dan Pelihara Gincal Sejak Kecil


GAMBAR 1
GAMBAR 2

Kerja ginjal menyaring darah membuang ampas sisa pembakaran tubuh. Kalau sudah menurun fungsinya, darah penuh dengan sampah yang tak terbuang. Tubuh akan keracunan.

Ginjal menurun fungsinya kalau mengalami kerusakan. Kerusakan bisa sebab infeksi, kencing manis, darah tinggi, batu kemih, atau efek samping obat, selain tumor.

Mengingat betapa penting peran ginjal, ia harus dijaga dan dipelihara sejak kecil. Selain tidak kekurangan minum, hindarkan semua faktor risiko di atas. Paling sering di Indonesia sebab infeksi.

Kaum ibu lebih rentan terinfeksi saluran kemih sebab saluran kemih bagian kemaluan wanita lebih pendek. Kalau air cebok tidak bersih, cara cebok keliru, terlambat mengganti pembalut sewaktu haid, infeksi saluran kemih bagian bawah yang dibiarkan akan menjalar sampai ke ginjal.

Infeksi memudahkan terbentuknya batu ginjal, begitu juga sebaliknya, adanya batu ginjal memudahkan infeksi berulang juga. Maka infeksi saluran kemih harus segera diatasi.
Cara cebok kaum ibu harus dari depan ke arah belakang, bukan sebaliknya (Lihat gambar). Cebok dari arah liang dubur ke arah liang kemih mengantarkan kuman yang ada di liang dubur memasuki saluran kemih. Dengan cara itu infeksi saluran kemih bawah terjadi.

Gangguan ginjal yang lama, apa pun penyebabnya, awal gagal ginjal di kemudian hari. Ongkos mengatasi gagal ginjal menghabiskan tabungan sampai seluruh harta kita.

Sumber:  http://www.facebook.com/handrawan.nadesul

No comments:

Post a Comment