Wednesday, November 10, 2010

Obama visits Indonesia

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendapat sambutan meriah dalam pidato di Universitas Indonesia, Rabu (10/11) pagi tadi. Obama tak lupa memulai pidato dengan mengucapkan selamat dalam Bahasa Indonesia. ”Selamat Pagi, Assalamualaikum” kata Obama. Tepuk tangan langsung membahana di Balairung UI dalam acara yang dimulai pukul 09.20 itu.Obama lalu mengucapkan duka cita pada korban bencana-bencana alam di Indonesia. Obama menyatakan, negerinya siap membantu Indonesia. ”Saya tahu kekuatan dan ketahanan rakyat Indonesia diuji sekali lagi,” katanya.

Setelah itu barulah Obama menyatakan dalam Bahasa Indonesia, ”Indonesia bagian dari diri saya.” Obama menyatakan, saat datang di Indonesia pada tahun 1967, sebagai seorang anak kecil, Jakarta dilihatnya sangat berbeda dengan yang hari ini. ”Pulang kampung nih,” kata Obama. Dan kali ini aplaus lebih dahsyat diterimanya. Hampir satu menit tepuk tangan membahana.

Obama kemudian melanjutkan orasinya. ”Saya sangat senang bisa ke sini bersama Michelle. Saya senang bisa ke negeri yang berarti banyak pada saya. Hotel Indonesia hanya satu dari sedikit gedung tinggi (saat itu),” katanya. Pusat perbelanjaan hanya satu, Sarinah.

Obama menyatakan, akhir-akhir ini adalah masa sulit bagi Indonesia akibat sejumlah bencana alam yang terjadi silih berganti. Obama juga memberikan pujian kepada Presiden Yudhoyono yang telah bekerja keras untuk membantu rakyat yang menjadi korban sejumlah bencana alam itu.

Dia menegaskan, kehadirannya di Indonesia adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa Amerika Serikat adalah kawan yang setia bagi Indonesia. Pada saat yang sama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan terimakasih atas niat baik Obama dan pemerintah Amerika Serikat tersebut.

Presiden Obama sendiri mempersingkat kunjungannya di Jakarta karena khawatir terganggu abu vulkanik Gunung Merapi, yang membuat pesawatnya telat take off menuju Korsel. Acara yang ’dikorbankan’ adalah meletakkan karangan bunga di TMP Kalibata, Jaksel.

”Pemimpin AS itu memperpendek kunjungannya yang sempat tertunda di Indonesia ini, tempat dia tinggal selama empat tahun saat anak-anak, karena khawatir hujan abu dari Gunung Merapi akan menghambat jadwal tinggal landasnya untuk menghadiri G-20 di Korsel,” tulis Reuters, Rabu (10/11).

Menurut kantor berita itu mengutip Gedung Putih, jadwal yang tetap berjalan adalah mengunjungi Masjid Istiqlal, masjid terbesar di Asia Tenggara, dan berpidato di di kampus UI. Pidato itu dihadiri 6.000-an orang.

Obama mempersingkat kunjungan ini juga diungkapkan Secretary Press Gedung Putih Robert Gibbs. Sedianya, Presiden AS Barack Obama akan meninggalkan Indonesia pada Rabu siang. Namun, kemudian mempersingkat waktu kunjungan sehingga setelah dari UI langsung ke Korsel.

CUPLIKAN PIDATO OBAMA


President Obama talks about Indonesia's struggle for freedom in a visit to the country.

No comments:

Post a Comment