Saturday, November 16, 2013

Tiga Fase Pendidikan Anak

Pernahkah anda membaca tentang pola pendidikan anak yang meliputi 3 tahap, berikut ini penjelasannya :

1. Pada 7 tahun pertama, perlakukan anak sebagai raja (0-7 th).

Bukan memanjakan tetapi memberi contoh cara melayani orang, cara menyayangi, cara menghormati dan segala sesuatu yang baik, pada usia ini anak mudah sekali menyerap pendidikan yang dicontohkan orang tua. Harapannya anak akan tahu bagaimana cara berbakti kepada orang tuanya.

2. Pada 7 tahun kedua, perlakukan anak sebagai tawanan perang (7-14 th)

Maksudnya adalah mulai mendisiplinkan anak. Rasulullah SAW mulai menyuruh anak untuk shalat di umur 7 tahun, lalu memukulnya jika tidak shalat di umur 10 tahun. Anak harus dipersiapkan dengan baik untuk memasuki pubertas. Ia akan menjadi dewasa dengan kasih sayang dan kedisiplinan yang dicontohkan orang tuanya.

orangtua sbg sahabat

3. Pada 7 tahun ketiga (14 tahun ke atas), perlakukan anak sebagai sahabat.

Awal pubertas hingga dia dewasa, anak butuh pengawasan dan pendampingan yang baik, namun semuanya tidak dilakukan dalam tekanan orangtua, untuk menumbuhkan kesadaran anak. Bila anak kita mempunyai kesulitan/masalah, dia akan lari ke sahabatnya, dan orang tua-lah sahabat yang baik. Tentu dengan pendidikan dasar di 7 tahun pertama, anak tetap akan menghormati orang tuanya, meskipun saat itu orangtuanya sedang berperan sebagai sahabat.

Dengan pendidikan diatas, narkoba dan perilaku negatif remaja berkurang , setidaknya dirumah kita sendiri.

http://berita9.com/2012/04/28/tiga-fase-pendidikan-anak/

No comments:

Post a Comment