Tuesday, January 25, 2011

Peneliti: Masalah UFO Sudah Selesai Sejak Era 1970-an

TEMPO Interaktif, Bandung - Perdebatan soal ada tidaknya makhluk luar angkasa dan pesawatnya di kalangan astronom dunia telah selesai sejak 1970-an. Artinya, sejak saat itu, para astronom telah tutup buku soal perdebatan ada tidaknya makhluk luar angkasa dan pesawatnya itu. "Masyarakat ilmiah sudah tuntas membahasnya," kata Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin saat dihubungi Tempo, Selasa (25/1).

Menurut Djamaluddin, astronom dunia dan lembaga astronomi seperti NASA sepakat, dugaan adanya alien, unidentified flying object (UFO), dan crop circle disebut sebagai pseudosains alias pengetahuan semu.

Karenanya, kata Djamaluddin, di lembaga astronomi, saat ini tak ada lagi kajian tentang makhluk luar angkasa itu. "Karena dugaan itu sulit dibuktikan secara ilmiah," ujar peneliti senior astronomi itu.

Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi di Sleman, Yogyakarta akhir pekan lalu. Warga Sleman menemukan adanya crop circle di persawahan. Diyakini, crop circle itu sebagai jejak UFO.

Belum selesai perhatian orang akan crop circle di Sleman, warga Bantul juga menemukan jejak serupa, hari ini.

Meski begitu, Djamaluddin mengakui masih ada astronom di luar negeri yang percaya soal alien. Tapi, ujar Djamaluddin, itu atas nama pribadi bukan institusi. Percaya kepada alien dan UFO, kata dia, sama seperti orang yang percaya pada paranormal.

Adapun soal dua orang utusan LAPAN yang dikirim ke lokasi crop circle di Sleman hari ini, dinilainya bukan untuk meneliti, melainkan hanya meninjau lokasi langsung. "Kalau penelitian, apa yang mau diteliti," katanya.

Menurut Djamaluddin, UFO bukan kompetensi LAPAN karena UFO diyakini tidak ada.

ANWAR SISWADI

Sumber:
http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2011/01/25/brk,20110125-308872,id.html

No comments:

Post a Comment